Minggu, 03 Juni 2018

Susu Kambing Etawa


Susu Kambing Etawa merupakan produk dari Kambing etawa yang dikenal sebagai kambing perah dari India didatangkan ke Indonesia untuk pertama kalinya dengan tujuan untuk diambil susunya. Kambing ini paling popular di Asia Tenggara, termasuk tipe dwiguna yaitu penghasil susu dan penghasil daging.  Ciri-cirinya postur tubuh besar, telinga panjang menggantung, bentuk muka cembung, bulu bagian paha sangat lebat, BB jantan mencapai 90 kg, BB betina 60 kg. produksi susu mencapai 235 kg/ms laktasi. Di Indonesia untuk perbaikan mutu kambing local maka menghasilkan kambing PE.

Susu Kambing Etawa ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan keistimewaan tersendiri dibandingkan susu sapi dan susu kambing etawa sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan. Pengolahan susu kambing etawa yang telah lebih baik, menepis citra yang sering disandangkan pada jenis susu kambing yaitu berbau tajam. Pengemasan dan pengolahan yang telah terpadu mampu menghasilkan susu kambing etawa dengan berbagai rasa dan aroma. Dengan demikian, mematahkan penghalang yang selama ini terbesit bagi setiap orang yang ingin memperoleh manfaat susu kambing etawa.
Keunggulan susu kambing etawa diharapkan antara lain :
  1. Tidak menyebabkan diare sebagaimana yang sering terjadi pada peminum susu sapi.
  2. Butiran lemak lebih halus, sehingga mudah dicerna dan tidak meningkatkan kolesterol.
  3. Butiran protein lebih halus, sehingga mudah dicerna dan sangat baik untuk perkembangan kecerdasan.
  4. Komposisi kalsium dan phospor paling seimbang dibanding susu lain, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak dan mencegah keropos tulang gigi bagi orang dewasa.
  5. Berkhasiat mencegah berbagai penyakit.
  6. Kadar kalsium sangat tinggi.
  7. Membantu memperlancar sistem pencernaan pada mereka yang mengalami gangguan pencernaan dan lansia.
Susu Kambing Etawa dianggap salah satu susu terbaik di dunia setelah ASI (air susu ibu). karenakan susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap berbagai vitamin, mineral, protein, fosfor, fluorine dan enzim yang sangat tinggi yang terkandung di dalam susu kambing etawa. Susu kambing etawa sudah mulai banyak yang merasakan khasiat susu kambing etawa dan manfaat susu kambing etawa yang lebih baik dari susu sapi , terutama susu kambing etawa organik. Susu kambing etawa ini memiliki banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Susu kambing yang terbaik adalah susu kambing yang masih segar. Susu kambing mempunyai kandungan mineral yang berkhasiat sebagai antiseptik dan pelindung jaringan paru-paru. Susu Kambing memiliki antiseptik alami dan diduga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya. Susu kambing identik dengan bau nya ( berbau kambing / prengus) sehingga tidak disukai terutama oleh anak-anak. Melihat khasiat dan manfaat susu kambing etawa ini memicu para pabrik susu kambing etawa untuk menghadirkan susu kambing etawa yang sudah tidak berbau kambing / prengus yang menjadi ciri khas susu kambing etawa,  maka lahirla produk susu kambing etawa dalam berbagai merk yang sudah tidak begitu terasa bau susu kambingnya diantaranya : Susu kambing etawa GMH Harmoni , Susu kambing etawa Suka Harmoni , Susu kambing Etawa Sky Goat , Susu kambing Etawa Gomars , Susu Kambing Aliifa dll . Para produsen susu kambing etawa sudah mulai jeli melihat pangsa pasar susu kambing ini, sehingga keinginan para peminat susu kambing agar tetap bisa mengkonsumsi susu kambing etawa tanpa harus mencium atau merasakan bau pengus atau bau kambingnya sekarang sudah dapat dinikmati susu kambing etawa dengan enak.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar